Wednesday, June 22, 2011

Cara memperbaiki lampu TL jari

Ada beberapa tipe lampu yang tersedia di toko listrik dan elektronik. Ada yang bisa diperbaiki dan ada yang harus terbuang percuma, maaf karena sampai detik ini penulis belum pernah menemukan cara pemanfaatannya.

Pada tulisan ini akan dijelaskan cara reparasi lampu tl bentuk jari atau lebih tepatnya lampu tl elektronik. Gambar seperti di bawah ini.

lampu tl elektronik

lampu tl elektronik


Lampu pada gambar di atas masih bisa diperbaiki secara kanibal (dengan mengambil komponen lampu sejenis) dengan syarat sebagian komponen lampu tersebut masih berfungsi. Secara sederhana lampu tl jari dibagi menjadi tiga bagian poko, yaitu :
a. Bagian Konektor atau fitting ke jaringan AC. Lihat gambar berikut.

konektor

konektor

b. Bagian elektronik atau ballast elektronik yang merupakan sistem switching, bagian ini sering rusak. Lihat gambar.

Bagian komponen elektronik

Bagian komponen elektronik

c. Bagian filamen atau tabung lampu. Bagian ini juga sering rusak berupa kawat filamen putus. Lihat gambar berikut.

Tabung Lampu Elektronik

Tabung Lampu Elektronik

Pada beberapa merk lampu, bagian yang sering rusak adalah bagian filamen dalam tabung kaca, kerusakan ini ditandai dengan bagian pangkal tabung kaca yang berwarna hitam. Pada kerusakan ini biasanya rangkain elektroniknya masih baik. Lihat gambar.

Untuk mengetahui baik buruknya filamen pada tabung lampu digunakan multimeter posisi saklar pada skala ohm meter x1, atau x10. Jika anda tidak memiliki multimeter, yakinlah filamen sudah rusak, jika pangkal tabung berwarna hitam.
Sedangkan ciri-ciri lampu tl jari yang masih baik filamennya biasanya lampu mati, tetapi warna tabung masih putih tidak ada warna hitam pada pangkal tabung. Pada kejadian ini biasanya yang rusak bagian elektroniknya. Perlu diketahui bahwa hampir semua merk lampu TL jari dengan harga kisaran 5000, menggunakan komponen aktif yang sama yaitu transistor seri 13001 atau 13002 NPN. Kecuali pada merek yang berharga diatas Rp. 20.000,- seperti Philips.

Nahh kerusakan yang berbeda pada lampu tljari berbagai merek tetapi masih sejenis inilah yang bisa kita manfaatkan untuk diperbaiki lagi.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment